Rabu, 20 Oktober 2010

ruang lingkup bisnis



bisnis dapat diartikan sebagai transaksi yang dilakukan seacra sengaja oleh para pembisnis dengan tujuan memakmurkan para pengelolah bisnis itu sendiri, tapi banyak arti lain yang menyatakan kalo au bisnis adalah usah mengelolah suatu kegiatan usah.

Bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu
, usaha, atau kapital yang mereka berikan.


jenis-jenis ruang lingkup bisnis

Pembuatan Produk di Internet

Sekali saja produk dirancang dan dibangun, suatu perusahaan dapat menggunakan Internet sebagai alat proses pembuatan selanjutnya. Seperti disinggung sebelumnya, Internet menyediakan layanan distribusi software, tanpa memperhitungkan kebutuhan akan fisik dari media seperti CD atau disket, Semua dokumentasi produk seperti panduan penggunaan, panduan pemasangan bisa dibuat, diperbaiki, dan disebarkan secara online dengan baik. Material asal dari dokumen itu bisa dirawat dari lokasi lain oleh suplier lain.

Dalam melakukan pembuatan produk di internet perlu dibuat tim khusus yang langsung menangani proyek ini. Tidak menjadi masalah apakah anggota tim proyek dari 2 negara yang berjauhan. Mereka dapat berkomunikasi lewat Internet yaitu melalui e-mail atau konferensi berbasis internet dari masing-masing lokasi dipenjuru dunia. Anggota tim dapat memberikan masukannya di tiap tahap proyek, mencari sumber-sumber lain di Internet. Jika tim menentukan apakah mereka membutuhkan orang yang lebih paham tentang suatu hal, mereka tinggal memasang tawaran lewat internet atau mencarinya sendiri lewat situs web yang menyediakan informasi para profesional yang mencari pekerjaan. Karena kemampuan Internet dalam mengolah suara dan gambar, dokumen pelamar (curriculum vitae) dapat pula berupa rekaman video. Perusahaan mengirimkan lowongan kerja beserta persyaratan dalam server web. Perekrutan secara global oleh pihak SDM menjadi lebih cepat, tidak merepotkan dan ekonomis.

Saat tim proyek sudah selesai, para anggota dapat ikut menulis studi kelayakan menggunakan e-mail dan komunikasi berbasis Internet lainnya. Suatu tim bisa mengadakan pertemuan mengguanakan Internet Relay Chat (IRC) atau dengan teknologi papan tulis elektronik. Mereka dapat membuat situs web untuk menyimpan dokumen-dokumen proyek. Sebagai anggota tim yang memiliki banyak ide, mereka bisa menempatkan hasil karyanya dalam situs web, dan memungkinkan anggota lain memberikan komentar serta menambahkan usulan mereka. Jika tim perlu berdiskusi dengan tempo yang relatif lama, mereka bisa membuat situs berita secara jaringan dan melengkapinya dengan papan buletin elektronik serta forum diskusi.

Agar proyek berjalan, suatu tim perlu mengadakan berbagai penelitian. Mereka perlu menjelaskan apakah ada yang telah mencoba memasarkan produk tersebut sebelumnya dan apakah masyarakat tertarik. Anggota tim memutuskan mencari lewat Internet tentang sejarah dari jenis produk tersebut. Karena mereka tidak begitu tahu akan sebutan produk yang dicarinya, maka mereka segera mencarinya lewat situs pencarian Yahoo sebagai misal dan segera mereka mendapat beberapa petunjuk dan lebih paham akan apa yang dicarinya.

Untuk membantu proses pencarian, mereka dapat mencari perpustakaan online, agen pemerintah, dan institusi pendidikan yang bisa diakses bebas. Aspek legal yang berhubungan dengan bisnis internasional dapat diteliti secara baik. Sebagai contoh pemasukan sisi produk teknis, legalitas dan kelayakan yang berhubungan dengan transfer teknologi lintas nasional, sebaiknya diteliti juga. Setelah melihat sejarah pasar produk mereka, suatu tim segera mengadakan riset pasar. Tidak seperti pada metode penelitian pasar tradisional, para anggota tim memutuskan untuk mengadakan penelitian sendiri lewat Internet. Mereka bisa melakukannya dengan memakai teknologi web, e-mail, papan buletin atau FTP untuk mengadakan survei. Riset pasar adalah hal yang biasa dilakukan sembari memberikan layanan kepada seluruh pemakai diseluruh dunia.

Iklan di internet

Suatu iklan bisa diterima di internet dengan beberapa syarat. Halaman web yang menyediakan informasi sekaligus produk yang dijual memiliki pengunjung yang relatif lebih tinggi yang akhirnya menghasilkan penjualan dibanding dengan situs web lain yang hanya menampilkan iklan saja. Jika Anda ingin mengiklankan produk, hati-hatilah dan hindari dari penggunaan milis (mailing list) atau kelompok pesan (newsgroup) dengan pesan-pesan komersial, yang akan dituduh sebagai pelaku SPAM.

Kejadian pertama peristiwa SPAM terjadi pada tahun 1994 saat beberapa pengacara mengirim pesan komersial yaitu tentang layanan imigrasi yang mereka jalankan ke dalam 6000 newsgroup. Langsung saja, para pengacara itu mendapat protes keras dan kemarahan orang lain lewat e-mail, dan mengakibatkan bisnis pengacaranya jatuh.

Kejadian lain adalah yang melibatkan tersangka yang memiliki account Iternet di kampus dan digunakan orang lain untuk keperluan iklan. Bukti bahwa account Internetnya digunakan untuk kegiatan iklan, dengan menunjukkan bahwa terdapat ribuan e-mail tentang iklan tersebut yang mengakibatkan sistem e-mailnya tidak dapat dipakai lagi. Meski kasus ini tidak sampai ke pengadilan, hal itu cukup menunjukkan bahwa isu sosial seperti SPAM dapat juga memiliki konsekuensi hukum.

(signature file) yang secara otomatis dilampirkan pada saat e-mail dikirim dan bisa dibaca oleh penerima. Perusahaan yang berencana menggunakan signature file sebaliknya menyediakan pula para keryawannya dengan fasilitas serupa.

Penyebaran Informasi Melalui Internet

Flaming tidak dapat diterima di internet. Mengirim pesan informasi lewat e-mail atau pesan yang sama ke dalam newsgroup tidak dipandang sebagai hal profesional dan lebih penting, mengakibatkan refleksi negatif pada perusahaan pengirim pesan. Karena setiap orang bisa membaca pesan pada newsgroup, melakukan flame sangat tampak, karena itu penggunaan dengan account perusahaan sangat dilarang. Memberikan kalimat sanggahan seperti di bawah ini pada setiap awal pengiriman buletin atau pesan e-mai sangat disarankan. Dalam memberikan informasi di Internet, kita juga harus mempunyai etika. Atau biasa disebut Network Etiquette (netiquette). Netiquette adalah suatu peraturan tak tertulis yang telah lama diberlakukan. Untuk lebih kenal dengan netiquette, bacalah dulu beberap pesan yang ada di suatu newsgroup sehingga Anda tahu budaya yang terjadi pada newsgroup tersebut. Setelah tahu barulah mencoba mengirimkan pesan ke dalamnya. Topik khusus, dokumen yang bersifat informasi yang disebut dengan FAQ (Frequetly Asked Question) juga tersedia secara online. Jika Anda mengakses situs lain, lihatlah setiap dokumen yang bertemakan panduan, misalnya: README.DOC atau AUP. Termasuk petunjuk tentang penggunaan TCP/IP seperti FTP, TELNET, USENET dan lain-lain.

Kesalahan dalam mengikuti aturan natiquette bisa membuat kemarahan orang dan mengancam keamanan komputer perusahaan Anda. Karena karyawan Anda bisa saja tidak paham akan apa yang terjadi, karena itu buatlah kebijakan dan aturan tentang masalah penggunaan jaringan ini untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Jika perlu adakan pelatihan dan training kecil-kecilan untuk keamanan menggunakan Internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar