Minggu, 17 Oktober 2010

pengantar bisnis

Pengertian dan Fungsi Bisnis:
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas daninstitusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari

Bisnis sebaga isuatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990]

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert]


Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa:
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nila i(create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

menurut saya tujuan bisnis suatu negara secara tidak langsung adalah untuk sosialisasi dengan negara lain dan memenuhi kebutuhan negara itu sendiri,

Sistem perekonomian dan sistem pasar:

1. Berbagai permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh semua negara di dunia, hanya dapat diselesaikan berdasarkan sistem ekonomi yang dianut oleh masing–masing negara.

Perbedaan penerapan sistem ekonomi dapat terjadi karena perbedaan pemilikan sumber daya maupun perbedaan sistem pemerintahan suatu negara.

Sistem ekonomi merupakan perpaduan dari aturan–aturan atau cara–cara yang menjadi satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Suatu sistem dapat diibaratkan seperti lingkaran-lingkaran kecil yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Lingkaran-lingkaran kecil tersebut merupakan suatu subsistem. Subsistem tersebut saling berinteraksi dan akhirnya membentuk suatu kesatuan sistem dalam lingkaran besar yang bergerak sesuai aturan yang ada.

Sistem ekonomi dapat berfungsi sebagai :

a. Sarana pendorong untuk melakukan produksi

b. Cara atau metode untuk mengorganisasi kegiatan individu

c. Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa terlaksana dengan baik.


2. Sistem Ekonomi Pasar (Liberal/Bebas)

Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar.

Sistem ini sesuai dengan ajaran dari Adam Smith, dalam bukunya An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.

Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah :

1. Setiap orang bebas memiliki barang, termasuk barang modal

2. Setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya

3. Aktivitas ekonomi ditujukan untuk memperoleh laba

4. Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (Swasta)

5. Pemerintah tidak melakukan intervensi dalam pasar

6. Persaingan dilakukan secara bebas

7. Peranan modal sangat vital Kebaikan dari sistem ekonomi antara lain:

1. Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi

2. Setiap individu bebas memiliki sumber-sumber produksi

3. Munculnya persaingan untuk maju

4. Barang yang dihasilkan bermutu tinggi, karena barang yang tidak bermutu tidak akan laku dipasar

5. Efisiensi dan efektivitas tinggi karena setiap tindakan ekonomi didasarkan atas motif mencari laba

Kelemahan dari sistem ekonomi antara lain:

1. Sulitnya melakukan pemerataan pendapatan

2. Cenderung terjadi eksploitasi kaum buruh oleh para pemilik modal

3. Munculnya monopoli yang dapat merugikan masyarakat

4. Sering terjadi gejolak dalam perekonomian karena kesalahan alokasisumber daya oleh individu

kesempatan bisnis/usaha:

menurut saya adalah strategi yang di gunakan pengusaha atau calon pengusaha dalam mengambil kesempatan untuk memulai bisnis, biasanya merekea melihat dari situasi pasar yang sedang terjadi/berkembang, kesempatan bisnis yang kita ambil itu bisa menjadi baik atau buruk tergantung pada perkembangan barang sejenis yang kita produksi.

Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi:

1. keinginan manusia

keinginan manusia timbul dari kebutuhannya, yaitu keinginan poko dan keinginan tambahan

2.sumber-sumber daya

atau bisa di sebut juag faktor-faktor produksi.dapat di bedakan contohnya tanah dan sumber alam, keahlian kewirausahaan,

3.cara-cara berproduksi(techniques of production)

cara pembuatan suatu barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan-persoalan barang atau jasa apa yang harus di produksi dan cara mana yang harusdi gunakan hingga mencapai pembiayaan yang minimal adalah termasuk dalam bidang ekonomi dan merupakan persoalan yang harus di perhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.

Hakikat bisnis:

sdi dalam al-Quran terdapat terma-terma yang mewakili apa yang dimaksud dengan maupun etika. di antar terma-terma bisnis, dalam al-quran terdapat terma al-tijarab, al-bai'u, tada yantum dan isytara.

dalam kamus english-arab, moderen dictionary business diartikan amalun-syugblan, sbana'abu, birfatun, tijaratum-a'malun, maslahatun-syanun,____ (R.LUKMAN FAURONI * 75)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar